May 20, 2022

metrodcphotography.com

Dunia metropolitan yang punya sejuta cerita

Apa yang Anda ketahui Tentang Perbedaan Long Black dan Americano?

Apa yang Anda ketahui Tentang Perbedaan Long Black dan Americano?

Perbedaan long black dan americano bagi penikmatnya menjadi salah faktor mengapa ia lebih menyukai yang satu dibandingkan dengan yang lainnya. Padahal keduanya sama-sama hitam dan terbuat dari kopi.

Bagi sebagian besar orang, keduanya secara tampilan fisik juga tidak memiliki perbedaan yang signifikan, sehingga tidak dapat dibedakan. Kecuali, jika penikmat telah mencicipi sajian tersebut, maka akan mereka akan langsung dapat menunjukkan mana yang termasuk Long black dan mana yang termasuk americano.

Perbedaan Long Black dan Americano

Secara tampilan, perbedaan long black dan americano adalah tidak ada. Malahan yang dapat dilihat dan dirasakan adalah persamaannya, yaitu sama-sama kopi hitam tanpa gula serta tidak ada penambahan apapun yang membuatnya.

Kendati demikian, jangan sampai Anda salah memesannya di kafe ketika akan mencicipi salah satu sajian tersebut. Bagaimana pun di antara keduanya memiliki rasa dan karakter yang berbeda.

Long Black

Kopi Long black memiliki warna hitam yang pekat yang berasal dari ekstraksi biji kopi itu sendiri. Cara peracikan dan penyajiannya berasal dari negara Australia dan New Zealand. Varian ini mengikut selera pecinta kopi di sana.

Cara penyajiannya adalah dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu baru ditambahkan espresso ke dalamnya. Alasannya adalah agar tidak merusak cita rasa dari espresso yang terletak pada cremanya.

Crema nilai yang membedakannya dengan yang varian jenis lainnya. Kekentalannya Pada setiap cairan long black mini kana semakin terlihat jelas jika prosesnya sesuai dengan aturan baku.

Kopi ini memiliki cita rasa yang pekat, namun pahit. Cremanyalah yang banyak menyumbangkan karakternya yang kuat. Oleh karenanya, varia ini merupakan salah satu andalan para pecinta kopi.

Americano

Sesuai dengan nama yang disandangnya, varian kopi ini berasal dari Amerika. Pada prinsipnya varian americano merupakan kopi hitam yang dibuat dengan menggunakan espresso single shot sebagai bahan dasarnya. Ada pula yang membuatnya dengan double shot, semuanya tergantung pada selera sang penikmat.

Baik espresso single shot atau double shot tidak ada perbedaan dalam pemberian air panasnya. Namun, cara inilah yang membedakannya dengan varian long black. Anda tinggal memilih mana yang akan dinikmati

Varian ini dibuat dengan mencampurkan air hangat cenderung panas ke dalam espresso, hingga mencapai ukuran 8 0z atau setara dengan 240 ml. Namun, ada pula kafe yang membuatnya dengan menggunakan cangkir yang lebih besar.

Dengan demikian ukuran takaran sajinya mencapai 450 ml atau setara dengan 15 oz. Tetapi jangan khawatir, Anda dapat menghabiskannya sambil menikmati waktu bersama kawan atau hanya ditemani dengan buku kesukaan.

Perbedaan long black dan americano tidak membuat yang satu menjadi lebih baik daripada yang lain. Malahan sebaliknya, keduanya memiliki citarasa yang khas yang dapat dinikmati oleh semua pencintanya.