May 23, 2022

metrodcphotography.com

Dunia metropolitan yang punya sejuta cerita

Mengenal Jenis Status Gizi dan Cara Menghitungnya

Mengenal Jenis Status Gizi dan Cara Menghitungnya

Dalam dunia kesehatan, gizi memiliki peranan penting agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Dengan asupan gizi yang cukup, maka akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Gizi juga memiliki beberapa jenis status gizi. Untuk mengetahui jenisnya dan cara menghitungnya, simak penjelasan di bawah ini baik-baik.

Jenis Status Gizi

Salah satu hal yang wajib Anda ketahui terkait kesehatan tubuh Anda atau orang-orang terdekat Anda adalah mengenai status dari gizi tubuh. Terutama jika Anda memiliki anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Status dari gizi tubuh terbagi menjadi tiga kelompok berdasarkan rentang usianya.

1. Usia Balita

Pada anak usia balita, yang menjadi indikator untuk menentukan gizi yang diperoleh mereka adalah dengan menggunakan tinggi badan terhadap usia, berat badan terhadap usia, dan berat badan terhadap tinggi badan. Dari hal tersebutlah, status dari gizi yang diperoleh dapat ditentukan, meliputi underweight, stunting, kurus, hingga obesitas.

Underweight merupakan status di mana berat badannya kurang sesuai dengan usianya, tetapi hal ini dapat berubah dengan mudah. Stunting atau pendek lebih kepada tinggi badan yang kurang sesuai atau lebih pendek dari anak seumurnya. Sedangkan kurus berarti berat badannya lebih rendah dari tinggi badan, ini juga merupakan kebalikan dari obesitas.

2. Anak Usia 5-18 Tahun

Sesuai dengan perkembangan, status dari gizi seorang anak juga akan berkembang sesuai dengan usianya. Pada anak usia 5 hingga 18 tahun di mana masih banyak perkembangan, indikator yang digunakan untuk mengukurnya adalah dengan tinggi berat badan terhadap usia dan juga indeks massa tubuh terhadap usia.

Dari pengukuran berdasarkan indikator tersebut akan diperoleh status gizi dari seseorang tersebut yang biasanya meliputi stunting, kurus, gemuk, dan obesitas. Oleh sebab itu, perlu adanya pengecekan berkala pada tinggi badan atau berat badan anak untuk mengetahui status dari gizi yang selama ini diperolehnya.

3. Usia Dewasa

Tak hanya pada usia balita dan juga remaja, orang dengan usia dewasa juga harus mengetahui status dari gizi yang diperoleh untuk kesehatan tubuhnya. Namun, indikator yang digunakan hanya indeks massa tubuhnya. Dengan memperoleh informasi terkait IMT Anda, maka Anda dapat mengetahui status dari gizi Anda.

Untuk jenis dari statusnya adalah kurus, normal, kelebihan berat badan atau gemuk, dan obesitas. Dikatakan kurus, jika IMT yang dimiliki kurang dari 18,5 kg/m2 Normal jika berada pada kisaran 18,5 dan 24,9 kg/m2. Lalu, gemuk atau overweight jika lebih dari 25-27 kg dan obesitas jika lebih dari 27 kg/m2.

4. Cara Menghitung Status dari Gizi Tubuh

Untuk menghitung status  dari gizi tubuh seseorang, biasanya antara tiga kelompok usia tersebut dibedakan. Bagi anak usia balita, maka menghitungnya dapat dilakukan di posyandu atau rumah sakit terdekat. Lalu pada usia 5-18 dan usia dewasa, Anda bisa menghitungnya berdasarkan IMT dan membandingkannya dengan standar ideal yang telah ditetapkan.

Itulah pembahasan singkat mengenai beberapa jenis status gizi dan cara menghitungnya yang baik dan benar. Apalagi jika Anda merupakan orang tua, maka Anda harus memahami secara tepat status dari gizi anak Anda. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang menimbulkan dampak negatif pada kesehatan tubuh anak.